11 Wisata di Labuan Bajo Eksotis dan Anti-Mainstream

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Daerah yang berada di bagian Indonesia Timur ini menyuguhkan keeksotisan alam yang masih natural. Keunikan wisata di Labuan Bajo membuatnya semakin dilirik oleh wisatawan domestik maupun asing. Mulai dari pesona bahari maupun bentang alam nan hijau dapat Anda temukan di daerah ini.
Tertarik berwisata ke Labuan Bajo? Kabar baiknya, Anda bisa mengajak buah hati untuk menikmati Labuan Bajo melalui pilihan paket liburan keluarga atau paket wisata domestik dengan pilihan harga yang bervariasi. Terlepas dari itu, yuk lihat tempat wisata paling hits di Labuan Bajo berikut ini!

Wisata di Labuan Bajo Paling Populer
Bisa dibilang Labuan Bajo adalah surganya wisata alam. Sekali menginjakkan kaki di tempat ini, pasti Anda tidak mau pulang. Memang apa saja tempat wisata di Labuan Bajo? Berikut rangkumannya:
1. Pink Beach
Pantai satu ini memang terkenal akan keunikannya. Daya tarik Pink Beach atau Pantai Pink terletak pada hampara pasir pantai yang berwarna pink alias merah muda. Mengapa bisa demikian? Konon warna merah muda tersebut berasal dari pecahan biota laut dan karang yang berwarna pink.
Fenomena pantai berpasir merah muda ini sangat langka. Buktinya, hanya ada tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda, lho. Salah satunya pantai di Labuan Bajo ini.

Sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri.
Selain itu, pesona bahari dari pantai ini juga tidak kalah eksotis. Anda bisa melakukan diving dan snorkeling. Oleh karenanya, sudah sepatutnya Anda mengunjungi Pink Beach saat main-main ke sini.
Bagi para penggemar wisata pantai dan bahari, cobalah paket wisata luar negeri dari MK Tours untuk menikmati keunikan pantai dari masing-masing negara tersebut.

2. Pulau Rinca
Labuan Bajo dikenal sebagai habitat asli komodo. Bagi Anda yang berminat melihat komodo secara langsung, maka tujuan yang tepat tentu Pulau Rinca. Pulau ini masih bagian dari gugusan Kepulauan Komodo dan bisa dicapai dalam waktu lebih singkat dari Labuan Bajo.

Bukan hanya pemandangan komodo yang menjadi incaran turis, ada gunung setinggi 670 meter di pulai tersebut. Gunung itu menyuguhkan panorama bentang alam yang luas dan sangat mengesankan.
Anda juga bisa menikmati wisata edukasi konservasi lingkungan di tepi pantai Pulau Rinca, yaitu penanaman pohon bakau.

3. Manta Point
Bukan lagi rahasia di kalangan diver bahwasanya sejumlah wisata di Labuan Bajo menawarkan alam bawah laut yang tidak ada duanya. Salah satu spot diving yang paling populer adalah Manta Point. Sesuai dengan namanya,

Anda bisa menemukan ikan manta atau pari raksasa di tempat ini. Menyelam bersama ikan-ikan tersebut akan meninggalkan momen yang dijamin tidak akan bisa terlupakan. Siapkan juga kamera bawah air untuk mengabadikan pengalaman anti-mainstream tersebut.

4. Pulau Padar
Pulau Padar menyajikan pemandangan yang akan menyegarkan mata. Anda bisa melihat barisan bukit-bukit yang dipenuhi rerumputan hijau serta hamparan pulau tropis. Tentunya itu akan menjadi pemandangan yang bikin tidak mau pulang.

Tak heran kalau pulau ini selalu menjadi tujuan yang tidak akan dilewati saat mengunjungi Labuan Bajo. Tidak perlu khawatir soal mobilitas untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil lalu dilanjut dengan menyebrang dengan kapal.

5. Pulau Kanawa
Pulau Kanawa adalah wisata di Labuan Bajo yang terkenal atas spot snorkeling favorit turis. Pasalnya pulau ini belum banyak dijamak oleh orang, sehingga keindahan alam masih terjaga dengan baik.

Anda bisa berlari-lari di atas hamparan pasir atau mencoba sensasi snorkeling untuk menikmati keberagaman biota laut dan terumbu karang yang sangat menakjubkan.

6. Gua Bukit Cermin
Selain dikenal akan wisata baharinya, Labuan Bajo juga mempunyai sejumlah wisata gua yang dijamin akan mewarnai liburan Anda. Salah satunya adalah Gua Bukit Cermin.
Sebutan cermin berasal dari atraksi pantulan cahaya matahari terhadap permukaan air di dalam gua sehingga bayangan air terlihat seperti cermin besar. Cahaya matahari tersebut masuk melalui lubang yang berada di atas gua.

Namun untuk mencapai “cermin” tersebut, Anda harus mengeluarkan sedikit tenaga. Ditambah lagi permukaan gua cukup licin dan Anda bisa terpeleset jika tidak hati-hati.
Di beberapa tempat juga mengharuskan Anda untuk membungkuk bahkan berjalan jongkok akibat beberapa stalaktit. Dengan pengorbanan tersebut bisa dikatakan kalau Gua Bukit Cermin adalah wisata yang agak ekstrem.

7. Gua Rangko
Gua Rangko adalah wisata gua favorit selanjutnya setelah Gua Bukit Cermin. Dibandingkan Gua Bukit Cermin, stalaktit di Gua Rangko tidak terlalu tajam dan lebih aman. Untuk Anda yang hobi menyusuri gua wajib sekali mendatangi Gua Rangko di Kabupaten Manggarai Barat.

Aktivitas susur gua memang tidak selalu mudah, begitu juga kalau Anda ingin menyusuri gua ini. Anda akan dipandu dengan tour guide profesional yang siap menemani Anda. Jerih payah Anda pasti akan terbayar setelah melihat keindahan alam disertai permukaan air laut berwarna biru.

8. Pulau Kalong
Pulau Kalong menawarkan sensasi berlibur yang unik dan anti-mainstream. Sebaiknya mengunjungi pulau ini saat sore hari, mengingat kalong atau kelelawar merupakan hewan nokturnal.

Anda akan dibuat terpesona saat melihat langit senja dipenuhi dengan ribuan kalong yang beterbangan bebas. Ini bukanlah pemandangan tak biasa, karena memang pulau Kalong adalah habitat bagi ribuan kalong tersebut.

9. Wae Rebo
Wisata di Labuan Bajo berikutnya adalah Wae Rebo. Memilih paket honeymoon yang mencakup desa ini tentu akan membuat liburan Anda bersama pasangan semakin romantis.

Wae Rebo sendiri merupakan nama desa di Labuan Bajo yang masih kental dengan nuansa tradisional. Menariknya lagi, desa ini masih sangat mempertahankan budaya dan tradisinya.

Di desa ini Anda dapat menikmati kesejukan udara pegunungan, jejeran pepohonan hijau, hingga berbagai aktivitas menarik lainnya. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewati adalah menginap di rumah adat Wae Rebo.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan perspektif baru terhadap kehidupan penduduk lokal di Wae Rebo. Kesederhanaan aktivitas penduduk lokal tentu akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di Labuan Bajo.

10. Pulau Kelor
Ingin berlibur santai sambil menikmati pemandangan alam selama di Labuan Bajo? Pulau Kelor bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda. Pulau ini menawarkan kecantikan bawah laut yang akan menghipnotis Anda.

Anda juga dapat menggelar tenda untuk berkemah. Dan menariknya lagi, Anda tidak dipungut biaya retribusi. Untuk mencapai Pulau Kelor setidaknya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan speed boat.

Selain snorkeling, aktivitas favorit turis berikutnya adalah trekking ke puncak. Tertarik untuk datang ke sini?

11. Gili Lawa
Gili Lawa atau Gili Laba adalah wisata di Labuan Bajo yang masih Kawasan Taman Nasional Komodo. Ukuran pulau ini cukup kecil. Meskipun begitu, gugusan bentang alam di pulau ini sangat menawan.

Saat musim kemarau tiba, hamparan padang hijau akan berubah menjadi kecokelatan. Anda dibuat seperti sedang di savana di Afrika. Sebaliknya saat bukan musim kering, Gili Lawa menyuguhkan panorama hijau nan asri dengan latar laut biru yang luas.

Indonesia adalah surga dunia bagi para pecinta alam. Selain pesona wisata di Labuan Bajo, Medan juga menyimpan warisan keindahan alam yang tak kalah menakjubkan. Anda bisa menjadwalkan Medan sebagai destinasi wisata alam berikutnya.
Direkomendasikan untuk menggunakan jasa travel Medan atau sewa bus pariwisata Medan dari MK Tours untuk mendapatkan liburan asyik, murah dan mengesankan.

More to explorer

Tinggalkan Balasan

booking Now